Beasiswa Mahasiswa Baru Tahun 2011

Beasiswa Mahasiswa Baru Tahun 2011

Setiap orang pasti mempunyai mimpi dan harapan. Setiap orang pasti mempunyai cita-cita. Apakah ingin menjadi pilot? Ingin menjadi guru? Ingin menjadi dosen? Ingin menjadi dokter? Ingin menjadi TNI? Dan banyak lagi yang lainnya, yang semuanya itu adalah cita-cita dan harapan setiap orang kelak di masa depan! Dan untuk mewujudkannya, setiap orang harus kuliah di pergurua tinggi sesuai dengan jurusan atau program studi yang linear dengan cita-cita yang diinginkan.

Biaya kuliah di perguruan tinggi tentunya tidak sama dengan biaya sekolah ketika jenjang sekolah menengah ke atas (SMA/MA/SMK). Hal ini wajar, karena perguruan tinggi memberikan nilai lebih dalam pengembangan keilmuan mahasiswa baik dalam psikomotorik, afektif maupun keilmuan. Dalam tahun ke tahun, biaya kuliah diperguruan tinggi diperkirakan naik, dari 5% sampai dengan 15%, sehingga bagi calon mahasiswa, diharapkan menyiapkan uang sebelum masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan atau jika mahasiswa yang bersangkutan tidak punya uang, bisa kuliah sambil dengan bekerja.

Pada tahun 2010 kemarin, Semua PTAIN (UIN, IAIN, dan STAIN) mendapatkan beasiswa DIPA dari kementerian Agama Republik Indonesia. Beasiswa yang diberikan di UIN, IAIN dan STAIN banyak sekali ragamnya, seperti beasiswa prestasi, beasiswa tidak mampu, beasiswa jurnalistik, dan beasiswa aktifis. Beasiswa tersebut diberikan kepada ratusan mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN seluruh Indonesia. Dan Untuk tahun 2011 ini, kementerian agama republik indonesia, tetap memberikan beasiswa yang sama dengan jumlah tidak jauh berbeda dengan tahun 2010. Dan pastikan, anda sebagai mahasiswa baru bisa mendapatkannnya untuk membantu anda dalam perkuliahan (bayar  SPP, memenuhi kebutuhan alat tulis dan buku).

Ketika Anda sudah mendapatkan beasiswa, maka hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan prestasi yang lebih baik dari semester sebelumnya. Karena jika prestasi Anda tetap Anda pertahankan, pastinya, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa kedepannya. Adapun yang harus Anda lakukan adalah manajemen waktu terhadap aktifitas Anda, kapan Anda harus belajar, kapan Anda harus mengikuti aktifitas intra kampus, kapan Anda harus mengikuti seminar dan lain sebagainya. Jika Anda sudah bisa mengatur waktu, maka Anda tidak akan ketinggalan terhadap materi-materi yang Anda dapatkan di perkuliahan, dalam mengerjakan soal, ataupun dalam mengikuti rutinitas kampus seperti seminar, workshop dan sebagainya.

Fokus pada jurusan yang Anda pilih adalah sikap yang sangat positif yang harus Anda kerjakan. Karena fokus pada jurusan akan membuat Anda lebih matang dalam mendalami keahlian di jurusan Anda. Profesionalitas harus terpatri dalam diri Anda, karena dengan profesional Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan. Dan juga yang tidak kalah pentingnya, dengan profesional, Anda bisa mengembangkan keilmuan Anda di jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi yang di program magister ataupun program doktor.

 

Informasi Penting

Pemesanan Soal SPMB-PTAIN 2011, Sekolah Tinggi Negeri Tahun 2011, Informasi Mahasiswa baru Tahun 2011,  PTAIN Peserta SPMB-PTAIN, Program Studi di PTAIN se-Indonesia, Pedoman SPMB-PTAIN, Tempat Tes SPMB-PTAIN

Skip to toolbar