Ikatan Dinas STAN

Sekolah STAN

Ikatan Dinas STAN

Ikatan Dinas STAN

STAN yang dikenal dengan Sekolah Tinggi Administrasi Negera adalah Perguruan Tinggi kedinasan yang berada di bawah badan pendidikan dan pelatihan keuangan, Kementerian Keuangan RI yang mana program studinya adalah program diploma atau dikenal juga dengan Prodip. Sampai sat ini, STAN masih tetap menjadi favorit semua siswa yang ada di Indonesia, bahkan STAN mendapatkan rekor muri karena jumlah peserta yang mendaftar di STAN mencapai 120.000 (seratus dua puluh ribu orang) orang. Sangat banyak, tentunya! Terus, bagaimana dengan tesnya, mungkinkan 120.000 orang tersebut itu dalam satu tempat, jawabannya TIDAK!  Tempat ujian pelaksanaan STAN termasuk tahun 2011 adalah di Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makasar, Ambon, Sorong dan Jayapura.

Sekolah Tinggi Administrasi Negera (STAN) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 45 Tahun 1974 Juncto Keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 1967 Serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 1/PMK/1977 Tanggal 18 Februari 1997. Sedangkan dasar pendinasan mahasiswa STAN berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 289/KMK.014/2004 Tanggal 14 Juni 2004 tentang ketentuan Ikatan Dinas Bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI (baca:departemen diganti kementerian sejak tahun 2009).

Terkait dengan Biaya pendidikan, seluruh mahasiswa yang kuliah di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) tidak dikenakan biaya sepeserpun atau GRATIS, dan seluruh mahasiswa STAN tidak diasramakan. Kita pun bersukur karena STAN tidak menarik biaya apapun dan sumbangan berupa apapun kepada mahasiswa, sehingga yang kuliah di STAN tidak hanya dari golongan mampu tetapi golongan tidak mampu-pun bisa kuliah di STAN, yang penting lolos ujian saringan masuk (USM) STAN.

USM STAN untuk tahun 2011 sebenarnya pokok materinya sama dengan USM STAN sebelumnya yaitu USM STAN 2010. Materi yang diujikan, ada dua yaitu Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Jika Anda belum punya Prediksi Soal Tahun 2011 dan Arsip Soal Tahun-tahun sebelumnya, saya sarankan agar memesan soal DISINI, setelah Anda membaca dan latihan, saya yakin Anda Pasti siap.

Setelah Ujian dilaksanakan dan Anda dinyatakan Lulus, maka langkah Anda tinggal separuh perjalanan, ada ujian lagi yang harus Anda jalani, yaitu Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran. Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran ini tidak sesulit jika Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran di Tentara Nasional Indonesia (TNI), Tes Ksehatan dan Tes Kebugaran ini hanya untuk mengetahui apakah Anda Sehat atau Tidak.

Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran selesai dan Anda dinyatakan lulus, setelah Anda dinyatakan lulus, maka langkah selanjutnya adalah registrasi. Perlu Anda ingat, Anda tidak perlu uang untuk registrasi, hanya yang pelu Anda persiapkan adalah foto dan kelengkapannya.

Selamat Menjadi Mahasiswa STAN dan Menjadi Abdi Negera (Pegawai Negeri Sipil). Saya doakan semoga peran Anda dapat membantu negara dalam mewujudkan perekonomian yang stabil dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, Amin!

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.