Pedoman UN 2012

Syarat-Syarat UN 2012

Pedoman UN 2012

Pedoman-UN-2012

Ujian Nasional (UN) 2012 yang dilaksanakan pada April-Mei 2012 adalah ujian tahap akhir yang harus dilalui oleh siswa di jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah (SD-SMA). Berikut ini kami jelaskan tentang Pedoman UN 2012 yang terdiri dari:

 1.   Dasar Hukum Pelaksanaan UN

Ujian Nasional atau UN dalam pelaksanaannya berpedoman pada Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,Pasal 58 ayat (2), Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Info Selengkapnya Klik Disini.

2.   Tujuan Penyelenggaraan UN

Tujuan diadakannya Ujian Nasional (UN) adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam  kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan  teknologi. Info selengkapnya Klik Disini.

3.   Penentu Kelulusan Sekolah

Sekolah sangat membantu dalam hal penentuan keluluasan sekolah. Porsi kelulusan yang dapat dibantu oleh sekolah adalah 40% dengan rincian (Ujian Sekolah: 20%, Raport: 20%), sedangkan Ujian Nasional: 60%. Info Selengkapnya Klik Disini.

4.   Formula Baru Penentuan Kelulusan UN 2012

Dengan adanya kebijakan baru Ujian Nasional (UN) 2012 tentang keluluan Siswa, maka Siswa dituntut tidak hanya lulus Ujian Nasional (UN) 2012 melainkan juga dituntut untuk lulus Ujian Sekolah (Teori dan Praktek), karena kelulusan siswa tidak hanya lulus Ujian Nasional melainkan juga harus lulus Ujian Sekolah. Info Selengkapnya Klik Disini.

5.   Formula UN Tahun 2012

Kelulusan Siswa di tahun 2012 tergantung pada 3 Hal, yaitu 1. Lulus Ujian Nasional (UN) dengan prosentase: 60%, 2. Ujian Sekolah prosentase: 20% dan Nilai Raport prosentase: 20%, info selengkapnya Klik Disini.

6.   Kelulusan Peserta Didik UN 2012

Kelulusan akan diperoleh oleh siswa jika siswa yang bersangkutan mendapatkan nilai minimal: 5,5 untuk UN, 4,0 untuk mata pelajaran yang diujikan oleh sekolah atau madrasah, Info Selengkapnya Klik Disini.

 7.  Manfaat  Hasil UN 2012

Ujian Nasional/UN 2012 sangat menentukan nasib siswa selanjutnya, adapun manfaat UN 2012 bagi siswa adalah dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Mencari atau Membuka Lapangan Pekerjaan, dsb. Info selengkapnya Klik Disini.

 8.   Yang Berhak Mengikuti Ujian Sekolah dan UN 2012

Semua siswa berhak mengikuti ujian, tetapi bagaimana adengan siswa yang sakit di rumah sakit, bagaimana dengan siswa yang kecelakaan, dan bagaimana dengan siswa yang hamil? Info selengkapnya Klik Disini.

 9.   Persyaratan Mengikuti UN-2012

Syarat yang harus dipenuhi oleh siswa jika ingin mengikuti UN 2012 adalah siswa yang bersangkutas telah berada pada semester akhir, siswa yang bersangkutan mempunyai laporan nilai raport yang lengkap, Info Selengkapnya Klik Disini.

 10.  Kewajiban Peserta Didik dalam UN 2012

Setiap peserta UN yang akan mengikuti UN 2012 harus berprilaku jujur, tertib, disiplin, tidak membawa alat komunikasi, tidak membawa alat hitung, tidak menggunakan soal dan jawaban yang tidak sah, Info selengkapnya Klik Disini.

 11.  Instansi yang terlibat dalam penyelenggaran UN 2012

Ujian Nasional (UN) 2012 tidak hanya dilaksanakan oleh Kemendikbud dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) saja, melainkan juga dilaksanakan oleh Kemenag, LPMP, Bupati/Walikota, Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan Daerah, dan Sekolah. Informasi selengkapnya Klik Disini.

 12.  Ujian Ulangan/Susulan UN

Ujian susulan UN adalah ujian bagi mereka yang tidak dapat mengikuti UN dikarenakan sakit/kecelakaan disertakan dengan bukti yang sah. Informasi selengkapnya klik disini.

 13.  Pengumuman Peserta Didik 2012

Pengumuman kelulusan peserta UN akan diumumkan setelah UN dilaksanakan, kelulusan SMA/MA dan SMK tanggal 26 Mei 2012, Kelulusan SMP/MTs/SMP-LB/SMA-LB tanggal 2 Juni 2012, Kelulusan SD/MI/SD-LB tanggal 20 Juni 2012. Informasi Selengkapnya Klik Disini.

 14.  Perbedaan UN Tahun 2011 dan UN Tahun 2012

Perbedaan yang mendasar antara UN 2011 dan UN 2012 adalah Jumlah peraturan menteri, kisi-kisi soal, Masa berlaku ujian, Info selengkapnya klik Disini.

 15.  Penilaian Kelulusan Siswa

Kelulusan peserta UN 2012 dinilai dari berbagai aspek, yaitu dari hasil belajar oleh guru (raport),  hasil belajar oleh satuan pendidikan (Ujian Akhir Sekolah dan Ujian praktek sekolah), Penilaian hasil belajar oleh pemerintah (UN 2012). Informasi selengkapnya klik disini.

 16.  Peran Sekolah dalam Penentuan Kelulusan Siswa 2012

Sekolah tidak akan serta merta membiarkan para siswanya tidak lulus, tetapi sekolah akan selalu membantu para siswa agar lulus, dengan cara intensif belajar sebelum UN 2012, memaksimalkan ujian sekolah, dengan cara ini sekolah bisa membantu para siswa agar lulus ujian (Ujian sekolah dan UN 2012). Informasi selengkapnya, klik disini.

 17.  Penyelenggaraan Ujian Sekolah

Ujian Sekolah dilaksanakan oleh satuan pendidikan di daerah. Ujian sekolah terdiri dari Ujian teori dan Ujian praktek. Ujian sekolah mempunyai peranan penting dalam kelulusan siswa. Peranan penting tersebut adalah ujian sekolah mempunyai: 40% nilai kelulusan (Ujian sekolah+Nilai raport), sedangkan UN mempunyai: 60% nilai kelulusan. Informasi selengkapnya klik disini.

18.  Fungsi Perguruan Tinggi dalam Penyelenggaraan UN

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mempunyai fungsi sebagai koordinator pengawas di masing-masing daerah untuk jenjang  SMA/MA/SMK. Informasi Selengkapnya klik disini.

19.  Tanggung Jawab PTN di UN

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bertanggung jawab dalam pelaksanaan UN. Adapaun tanggungjawab tersebu adalah menjamin objektivitas pelaksanaan UN, menetapkan pengawas pada satuan pendidikan, mengawasi percetakan dan kerahasiaan LJUN, Membuat laporan di tingkat provinsi, Informasi selengkapnya Klik Disini.

20.  Peran Pengawas di Ruang Ujian

Pengawas berfungsi sebagai penjaga ujian agar tidak curang. Pengawas adalah guru non mata pelajaran yang diujikan. Informasi selengkapnya Klik Disini.

21.  Sanksi bagi Peserta UN yang Curang

Peserta UN yang curang akan dikenakan sanksi ketika pelaksanaan berlangsung. Sanksi tersebut berupa peringatan, teguran sampai dengan pengeluaran peserta UN ke luar ruangan. Informasi selengkapnya Klik Disini.

22.  Instansi yang Menanggung Biaya UN

Pembiayaan keuangan UN tidak hanya ditanggung oleh kemendikbud dan BSNP Jakarta, tetapi pembiayaan UN ditanggung juga oleh Pemerintah Daerah. Informasi selengkapnya Klik Disini.

23.  Nilai UN Sebagai Pertimbangan Masuk di PTN

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN yang terdiri dari SNMPTN, SPMB-PTAIN, USM-STAN adalah seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN dan PTAIN. Seleksi tersebut menunggu lulus tidaknya pendaftar di UN. Jika tidak lulus UN maka yang bersangkutan tidak dapat mendaftar d SNMPTN, SPMB-PTAIN, dan USM-STAN. Informasi Selengkapnya Klik Disini.

24.  Proses Penyusunan Soal UN

Soal UN dikembangkan oleh pakar pendidikan yang terdiri dari: Dosen, Guru Mata Pelajaran, Anggota BSNP, dan Penilai Pendidikan. Informasi selengkapnya Klik Disini.

25.  Paket Soal UN dalam Pelaksanaan UN

Soal UN terdiri dari  macam paket soal. 5 Macama paket soal tersebut dipakai di masing-masing kelas, dengan tujuan untuk menghindari contek-menyontek. Informasi selengkapnya, Klik Disini.

26.  Manfaat UN yang Jujur

Pelaksanaan UN yang jujur akan berimplikasi besar terhadap pendidikan di Indonesia, diantaranya: dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, terciptanya lulusan yang pandai dan trampil, serta pemerintah (Pusat dan Daerah) dapat meratakan pengembangan pendidikan di daerah perkotaan dan daerah pedesaan. Informasi selengkapnya klik Disini.

 

Informasi Tambahan:

Soal UN 2012 SMA/MA/SMK/SMA-LB, Manfaat UN yang Jujur, Proses Penyusunan Soal UN, Soal SPMB-PTAIN 2012, Instansi Yang Menanggung Biaya UN, Peran Pengawas di Ruang Ujian, Fungsi PTN di UN, Peran Sekolah di UN, Perbedaan UN 2011 dan UN 2012, Ujian Susulan UN 2012, Kewajiban peserta UN, Soal SNMPTN 2012, Yang Berhak Mengikuti UN, Kelulusan UN 2012, Formula Baru UN 2012, Tujuan UN 2012, Jadwal UN 2012, Soal USM-STAN 2012, Tentang UN di Indonesia, Sekilas UN 2012, Wajib Lulus UN 2012, Dasar Hukum UN 2012, Penentu Kelulusan Sekolah, Formula UN 2012, Kegunaan Hasil UN, Persyaratan UN, Instansi Penyelenggara UN, Pengumuman UN 2012, Penilaian Kelulusan Siswa, Penyelengaraan Ujian Sekolah, tanggung Jawab PTN di UN, Sanksi bagi peserta UN yang curang, Nilai UN sbg Pertimbangan di PTN atau PTAIN, Paket Soal UN, Soal Pegawai Negeri.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.