Sejarah Berdirinya PTAIN di Indonesia

Sejarah PTAIN di Indonesia

Sejarah PTAIN di Indonesia

Sejak zaman penjajahan, keinginan untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi khususnya di lembaga pendidikan tinggi Islam sudah lama untuk didirikan. Keinginan tersebut salah satunya dilontarkan oleh Dr. Satiman Wirjosandjojo dalam Pedoman Masyarakat No.15 Thn 1983 (W) yang berisi pentingnya sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam dalam upaya mengangkat harga diri kaum Muslimin di tanah Hindia Belanda. Gagasan tersebut dapat diwujudkan pada 8 Juli ’45 pada saat itu STI (Sekolah Tinggi Islam) berdiri di Jakarta. Pada masa proklamasi Indonesia (revolusi Indonesia), STI ikut pemerintah Republik Indonesia yang berpusat di Jakarta. Karena pusat pemerintahan Indonesia harus berpindah ke Yogyakarta, maka STI juga ikut pindah ke Yogyakarta pada 10 April 1946 STI di buka di Yogyakarta. Pada November 1947, STI diperbaiki dengan dibentuknya panitia perbaikan STI yang menghasilkan Universitas Islam Indonesia (UII) didirikan  pada 10-03-1948 dengan memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pendidikan.

Perkembangan pendidikan semakin pesat, pemerintah Republik Indonesia memberikan apresiasi kepada golongan Nasionalis yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu cabang UII yang diberikan kepada gologan Nasionalis sesuai dengan peraturan pemerintah No. 37 Tahun 1950. UGM adalah pendidikan yang bergerak dalam pengembangan pendidikan umum. Cabang dalam Pendidikan berubah menjadi UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), sedangkan cabang Kedokteran Surakarta menjadi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Untuk golongan Islam  diberikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), sehingga pada dasarnya IAIN (apakah itu UIN/IAIN/STAIN) diambil dari Fakultas Agama UII di Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, IAIN di Yogyakarta dan UII Yogyakarta terpisah, karena IAIN di Yogyakarta yang saat ini adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  adalah milik negara di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia sedangkan UII adalah Yayasan yang dikelola oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia (Pemerintah RI), PTAIN memiliki empat jurusan yaitu Jurusan Dakwah (sekarang menjadi fakultas dakwah), jurusan Qodlo (sekarang menjadi fakultas Syari’ah) dan Jurusan Pendidikan (sekarang menjadi Fakultas Tarbiyah).

6 Tahun kemudian, di Jakarta berdiri Akademik Dinas Ilmu Agama (ADIA) pada 14-08-1957 berdasarkan penetapan Menteri Agama RI No. 1 Tahun 1957. Yang mana ADIA Jakarta menjadi cikal bakal didirikannya IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sekarang ini menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dan sampai saat sekarang ini, Perguruan Tingggi Agama Islam Negeri (PTAIN) terdiri dari: UIN (Universitas Islam Negeri), IAIN (Institut Agama Islam Negeri), dan STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri). Info Sejarah PTAIN di Youtube, Klik Disini.

UIN terdiri dari: UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makasar, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

IAIN terdiri dari: IAIN Ambon, IAIN Antasari, IAIN Ar-Raniry, IAIN Imam Bonjol, IAIN Mataram, IAIN Raden Fatah, IAIN Raden Intan, IAIN Sumatera Utara, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, IAIN Sunan Ampel, IAIN Surakarta, IAIN Syekh Nurjati, IAIN Walisongo

 STAIN terdiri dari: STAIN Kerinci, STAIN Batusangkar,  STAIN Bengkulu, STAIN Curup, STAIN Datokarama Palu, STAIN Jember, STAIN Jurai Siwo Metro, STAIN Kediri, STAIN Kudus, STAIN Malikussaleh, STAIN Manado, STAIN Padang Sidempuan, STAIN Palangka Raya, STAIN Palopo, STAIN Pamekasan, STAIN Syekh Abdurrahman Sidik, STAIN Parepare, STAIN Ponorogo, STAIN Pontianak, STAIN Purwokerto, STAIN Sultan Amai, STAIN Sultan Qaimuddin, STAIN Sultan Sulaiman, STAIN Syekh M. Djamil Djambek, STAIN Ternate, STAIN Tulungagung, STAIN Watampone, STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Informasi Lengkap tentang Sejarah PTAIN di Indonesia dan Informasi Terkait

1. Pemesanan Soal SPMB-PTAIN 2012 Lengkap

2. Sejarah PTAIN Indonesia di Youtube

3. Panduan SPMB-PTAIN 2012

4. IAIN Peserta SPMB-PTAIN Tahun 2012

5. PTAIN Peserta SPMB-PTAIN Tahun 2012

6. Tatib Peserta Ujian SPMB-PTAIN 2012

7. Jenis Soal SPMB-PTAIN 2012

8. Pembayaran dan Pendaftaran SPMB-PTAIN 2012

9. PTAIN di SPMB-PTAIN 2012

10. Biaya Pendaftaran SPMB-PTAIN 2012

11. Kenapa Ikut SPMB-PTAIN 2012

12. Tentang SPMB-PTAIN 2012

13. Sejarah STAIN di Indonesia

14. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN, IAIN, dan STAIN Tahun 2012

15. Jadwal Pelaksanaan Tes SPMB-PTAIN 2012

16. Pengumuman Hasil SPMB-PTAIN 2012

17. Pengumuman Hasil SPMB-PTAIN 2011

18. Program Studi Yang Ditawarkan PTAIN Tahun 2012

19. Program Studi UIN Yang Ditawarkan di SPMB-PTAIN 2012

20. Program Studi IAIN Yang Ditawarkan di SPMB-PTAIN 2012

21. Program Studi STAIN Yang Ditawarkan di SPMB-PTAIN 2012

22. PTAIN Menjadi Peserta SPMB-PTAIN 2012

23. PTAIN Wilayah I

24. PTAIN Wilayah II

25. PTAIN Wilayah III

26. PTAIN Wilayah IV

27. PTAIN Wilayah V

28. PTAIN Wilayah VI

29. Kumpulan Soal SPMB-PTAIN

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.