Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN-IAIN-STAIN Bahasa Indonesia 2015 No. 3

SOAL

Indonesia sebagai salah satu bagian dalam integrasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tentu harus bersiap menghadapi MEA ini. Perekonomian Indonesia secara nasional diharapkan dapat terus tumbuh dengan baik untuk menunjang persaingan (competitiveness) di kawasan ASEAN. Industri

ekonomi dan perbankan syariah sebagai bagian struktur perekonomian bangsa Indonesia juga tidak lepas dan tuntutan. Narnun, realita yang ada sebagian pihak masih mengkhawatirkan hadirnya MEA sebagai sebuah ancaman karena pasar potensial domestik akan diambil oleh pesaing dan negara lain. Padahal, kekhawatiran tersebut sesungguhnya tidak beralasan jika kita mampu menunjukkan daya saing (competitiveness) yang tinggi. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, sudah selayaknya Indonesia menjadi pelopor pengembangan industri dan keuangan syariah diASEAN. Hal ¡ni bukan merupakan ‘impian yang rnustahil’ karena potensi Indonesia untuk menjadi global player keuangan syariah sangatlah besar. Sehingga Indonesia melalui industri keuangan dan perbankan syariah akan mampu bersaing dalam MEA. Meskipun tentu saja diakui bahwa dibalik peluang dan tantangan, terdapat ancaman-ancaman yang dapat menghambat perkembangan dan penguatan Industri keuangan dan perbankan syariah sebagal salah satu pilar, penyokong perekonomian bangsa Indonesia. (Sumber: Azwar, Pelaksana Balai Dikiat Keuangan Makassar, 2015)

3.  Berdasarkan ¡si teks di atas, pernyataan berikut ini menyatakan hubungan sebab dan akibat,kecuali …
(A) Indonesia merupakan penyumbang40% pasar bàgi barang dan jasa yang diperdagangkan pada tingkat ASEAN, makaselayaknya menjadi pelopor MEA.
(B) Sebagai negar dengan penduduk muslim terbesar, sudah selayaknya Indonesiamenjadi pelopor dan kiblat pengembanganindustri dan keuangan syariah di ASEAN bahkan dunla. OIeh karena Itu tidak perlukhawatir atas ancaman maupun day saing (competitiveness) yang tinggi terhadapnegara lain.
(C) Perkembangan dan penguatan industri keuangan dan perbankan syariah sebagai     salah satu pilar penyokong
perekonomianbangsa Indonesia. ini menunjukkan bahwa Kita mampu menunjukkan daya saing (competitiveness) yang tinggi terhadapMasyarakat Ekonomi Asean (MEA).
(D) Industri ekonomi dan perbankan syariahsebagai bagian struktur perekonomianbangsa Indonesia juga tidsk
lepas dantuntutan. Namun, realita yang ada sebagian   pihak masih mengkhawatirkan hadirnya MEA sebagai sebuah ancaman karena pasar  potensial domestik akan diambil olehpesaing dan negara lain.
INFO SOAL LENGKAP & PEMBAHASAN

PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPA) – PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPS) – PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPC) – (PDF)

BUKU

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPA) – Buku

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPS) – Buku

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPC) – Buku

Skip to toolbar