Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN-IAIN-STAIN Bahasa Indonesia 2015 No. 8

SOAL

Pandangan dan sikap Islam terhadap korupsi sangat tegas: haram dan melarang (1). Banyak argumen mengapa korupsi dilarang keras dalam Islam. Selain karena secara prinsip bertentangan

dengan misi sosial Islam yang ingin menegakkan keadilan sosial dan kemaslahatan semesta (iqâmat al-’adâlah aljtimâ’iyyah wa al-mashiahat al-’âmman), korupsi juga dinilai sebagai tindakan pengkhianatan dan amanat yang diterima dan perusakan yang serius terhadap bangunan sistem yang akuntabel. Oleh karena ¡tu, balk alquran, al-hadis maupun ijmâ’ al- ‘ulamâ menunjukkan pelarangannya secara tegaE; (sharih)(2)
Dalam aiquran, misalnya, dinyatakan: “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dongan cara batil dan (janganlah) karnu membawa (urusan harta itukepada hakim, supaya karnu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain ¡tu dengan (cara berbuat) dosa padaha kamu mengetahui.” Dalam ayat yang lain disebutkan: “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan cara batil, kecuali dengan cara perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu…” Sedangkan dalam al-hadits lebih konkret lagi, dinyatakan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Allah melaknati penyuap dan penerima suap dalam proses hukum.” Dalam redaksi lain, dinyatakan: ‘Rasulullah Saw melaknati penyuap, penerima suap, dan perantara dan keduanya.” Kemudian dalam kesempatan yang berbeda, Rasulullah Saw bersabda: “penyuap dan penerima suap ¡tu masuk ke neraka.”
Dalam sejarah, balk para sahabat nabi, generasi sesudahnya (tabi’in), maupun para ulama periode sesudahnya, semuanya bersepakat tanpa khilaf atas keharaman korupsi, balk bagi penyuap, penerima suap maupun perantaranya. (3) Meski ada perbedaan sedikit mengenai kriteria kecenderungan mendekati korupsi sebab ¡mplikasi yang ditimbulkannya, tetapi prinsip dasar hukum korupsi adalah haram dan dilarang.
Ini artinya, secara mendasar, Islam memang sangat anti korupsi. Dalam Islam yang dilarang bukan saja perilaku korupnya, melainkan juga pada setiap pihak yang ikut terlibat dalam kerangka terjadinya tindakan korupsi ¡tu. (4) Bahkan kasus manipulasi dan pemerasan juga dilarang secara tegas, dan masuk dalam tindakan korupsi. Lbn Qudamah dalam al-Mughnî menjelaskan bahwa “memakan makanan haram” ¡tu identik dengan korupsi. Zamakhsyari dalam tafsir al-Kasysyaf juga menyebut hal yang sama. Umar Ibn Khathab berkata: “menyuap seorang hakim” adalah tindakan korupsi.

8. Kalimat simpulan pada paragraftersebut terdapatpada nomor …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

INFO SOAL LENGKAP & PEMBAHASAN

PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPA) – PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPS) – PDF

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPC) – (PDF)

BUKU

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPA) – Buku

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPS) – Buku

Beli Soal Ujian Mandiri/SPMB UIN, IAIN, STAIN (IPC) – Buku

Skip to toolbar