Soal UM-PTKIN Keislaman Tahun 2014 No. 31-32

Asli Soal UM-PTKIN

Soal UM-PTKIN Keislaman Tahun 2014 No. 31-32

SOAL UM-PTKIN Keislaman No. 31-32

31. Dalam rangka menjaga tegaknya syariat Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin para ushuliyyin memberikan syarat-syarat bagi mujtahid dalam mengambil hukum agar tidak keliru dalam memutuskan hukum atas persoalan yang muncul di masyarakat. Kehati-hatian para ushuliyyin tersebut dilakukan dalkam rangka menegakkan salah satu maqashid al-syari’ah yaitu hifdz…

(A)  al-mal

(B)  al-nasl

(C)  al-aql

(D) al-din

32. Islam menawarkan solusi alternatif dan strategis dengan sistem pengelolaan zakat yang produktif dan kreatif. Dengan pengelolaan sebagaimana dimaksud diharapkan dapat memberdayakan umat sehingga zakat mampu mengubah…

(A)   Mustahiq menjadi muzakki

(B)   Orang yang kaya menjadi lebih kaya

(C)   Zakat menjadi modal bersama

(D)  Zakat pribadi menjadi zakat bersama

JAWABAN DAN PEMABAHASAN

31. Jawaban = D (al-din)

Maqā shid syari’ah dalam visi dlarū riyah terbagi menjadi lima yang kemudian lebih dikenal dengan al-kulliyā t al-khams, diantaranya:
a. hifdz al dīn yaitu terjaganya norma agama dari hal-hal yang mengotorinya, baik dari sisi akidah maupun amal, teori maupun praktek serta menjamin keutuhan agama yang menjadi pilihan rakyat secara umum dengan tindakan preventif terhadap setiap potensi yang bisa mengganggu prinsip-prinsip agama yang qath’ī.
b. hifdz al nafs yaitu melindungi hak hidup setiap individu dan masyarakat secara kolektif dari segala hal yang dapat mengancam jiwa. Seperti pemberantasan penyakit menular, hukuman bagi pelaku pembunuhan dan sebagainya.
c. hifdz al aql yaitu mencegah terjadinya khalal (cacat) pada akal yang dapat mengganggu daya pikir dan kreatifitas. Eksistensi akal sangat urgen sekali dalam menumbuhkembangkan semangat menggali nilai-nilai agama, sehingga tentunya harus dijaga dari hal-hal yang merusaknya. Seperti minuman keras, narkotika, alkohol, zat adiktif dan sebagainya.
d. Hifdz al nasl yaitu melestarikan kelangsungan generasi dengan mempermudah proses pernikahan, menghindari setiap kebijaksanaan yang dapat memutus kelangsungan hidup; seperti vasektomi, tubektomi dan sebagainya.
e. Hifdz almāl yaitu mengembangkan sumber-sumber perekonomian rakyat, menjamin hak milik pribadi dan menjaga keamanan harta tersebut.

32. Jawaban = A (Mustahiq menjadi muzakki)

Mustahiq adalah orang atau badan yang berhak menerima zakat. Orang-orang yang berhak menerima zakat itu ada delapan golongan = Fakir, Miskin, Amil Zakat, Muallaf, Riqab (budak), Algharimun, Sabilillah dan Ibnu Sabil.

Muzakki adalah orang yang mengeluarkan zakat.

Kumpulan Soal UM-PTKIN Gratis (Karena Gratis, maka isinya tidak lengkap, Jika ingin lengkap lakukan PEMESANAN)
Soal UM-PTKIN IPA (PDF)
Soal UM-PTKIN IPS (PDF)
Soal UM-PTKIN IPC (PDF)

Kumpulan Soal UM-PTKIN Lengkap

(Lakukan Pemesanan Segara, klik di bawah ini)

Soal UM-PTKIN IPA (PDF) Soal UM-PTKIN IPA (Buku)
Soal UM-PTKIN IPS (PDF) Soal UM-PTKIN IPS (Buku)
Soal UM-PTKIN IPC (PDF) Soal UM-PTKIN IPC (Buku)
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.