SPMB-PTAIN Dalam Sejarah

Info SPMB-PTAIN

SPMB-PTAIN Dalam Sejarah

SPMB-PTAIN Dalam Sejarah

Dalam perkembangan seleksi masuk PTAIN antara tahun sekarang dengan tahun kemarin tidak sama. Tahun dulu belum ada seleksi bersama di tingkatan PTAIN baik itu UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia. Sedangkan di jajaran Kementerian pendidikan nasional khususnya PTN seperti di UI, ITB, UGM, IKIP Negeri, UB, UNAIR, UNPAD, UNDIP dansebagainya sudah menyelenggarakan seleksi bersama dulunya bernama RIPENMARU, SIPENMARU, UMPTN, SPMB,  dan berganti SNMPTN   sampai sekarang. Nama-nama tersebut adalah seleksi-seleksi di tingkatan PTN yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional.  Sedangkan PTAIN dibawah kementerian agama seperti UIN/IAIN/STAIN belum ada seleksi calon mahasiswa baru tingkat nasional. Oleh karena itu, muncullah beberapa gagasan untuk menciptakan seleksi nasional di bawah kementerian agama RI khususnya dibawah direktorat jenderal kementerian agama RI. Maka diputuskanlah untuk mendirikan SPMB-PTAIN pada tahun 2010 yang mana SPMB-PTAIN kepanjangan dari Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri.

Sampai saat ini, SPMB-PTAIN sudah berjalan dengan maksimal. Sedangkan tahun sebelumnya ketika masih awal, SPMB-PTAIN masih menata manajemen dan pengelolaan, maklum masih awal, namun sekarang, SPMB-PTAIN sudah bisa disejajarkan dengan SNMPTN baik dari segi manajemen, kualitas, dan tes yang diselenggarakan. Cuma bedanya, kalau SNMPTN tesnya semuanya umum, sedangkan SPMB-PTAIN tesnya, terdiri dari agama dan umum, itu saja. SPMB-PTAIN adalah harapan semua calon mahasiswa yang akan studi di PTAIN yang ada di Indonesia. Kenapa menjadi harapan, karena dengan lulus SPMB-PTAIN mahasiswa bisa studi dengan baik di PTAIN: UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia, dan nantinya setelah lulus akan menjadi generasi penerus bangsa, akan melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih beradab dan lebih profesional, karena output dari PTAIN mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan output perguruan Tinggi yang lain yaitu output SPMB-PTAIN disamping profesional dibidang jurusannya masing-masing, output SPMB-PTAIN mempunyai  kedalaman spritual dan keagungan akhlak, dan hal inilah yang akan menjadi barometer dalam mengembangkan bangsa yang lebih baik, lebih beradab, lebih makmur dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Amin.

 

 

 

Pemesanan Soal SPMB-PTAIN, SPMB-PTAIN dalam History, SPMB-PTAIN.ac.id, Soal SPMB-PTAIN Tulis, SPMB-PTAIN Seleksi Bersama, Soal SPMB-PTAIN, Tips Memilih Tempat Tes, Cara Mendaftar di Website SPMB-PTAIN, IAIN Sumatera Utara, Langkah-;angkah Mengikuti Ujian SPMB-PTAIN, IAIN Mataram, STAIN Kudus, IAIN Walisongo Semarang, UIN Syarif Hidayatullah, PTAIN di Indonesia, Jurusan PTAIN  di Indonesia

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.