KEMAMPUAN BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK

KEMAMPUAN BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK

  • Tes kemampuan bekerja sama dalam kelompok bertujuan mengukur tingkat kedewasaan Anda dalam bekerja dan mempertanggungjawabkan atau menanggung risiko dari apa yang telah dilakukannya, atau dilakukan oleh anggota tim lain yang berada di bawah wewenangnya. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan karakter bertanggung jawab ini sangat penting dimiliki oleh setiap pegawai karena setiap tindakan seorang pegawai akan memiliki efek dan dampak yang luas bagi pegawai lainnya maupun bagi instansi tempatnya bekerja.

 CONTOH SOAL:

  1. Ketika proyek kerja yang Anda pimpin tidak memberikan hasil optimal karena ada satu anak buah Anda yang melakukan kesalahan, maka ….

   A. Anda tidak dapat dipersilahkan.

   B. Itu tidak termasuk dalam tanggung jawab Anda.

   C. Anak buah itu harus bertanggung jawab atas semuanya.

   D. Bagaimanapun juga, sebagai pimpinan proyek Anda pun turut bertanggung jawab.

   E. Hal itu menjadi kekeliruan anak buah Anda semata.

Pembahasan:

Soal ini bertujun untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda mengatasi kesalahan yang terjadi dalam kelompok dengan bijaksana.

  1. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya denga hal-hal yang menjadi kewajiban Anda, maka Anda ….

   A. Mencari kambing hitam penyebab masalah.

   B. Akan tetap bertanggung jawab dan mencari solusinya.

   C. Membiarkan masalah terus berlangsung.

   D. Melihat dulu adakah pihak lain yang turut bersalah dalam hal ini.

   E. Seharusnya ada orang lain yang membantu menyelesaikan hal ini.

Pembahasan:

Soal ini bertujun untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda mengatasi kesalahan yang terjadi dalam kelompok dengan bijaksana.

TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK

  1. Tanamkan visi misi pada anggota tim. Sebuah kapal dengan banyaknya penumpang di dalamnya akan sampai ke sebuah dermaga tertentu jika memiliki tujuan dan arahan yang sama. Demikian halnya juga dengan sebuah tim. Setiap anggota tim perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam tim tersebut.
  2. Lakukan komunikasi yang intensif dengan setiap anggota tim dengan mengadakan meeting atau setidaknya pertemuan untuk melakukan koordinasi tugas harian, briefing tugas secara singkat dan juga evaluasi kinerja harian atau mingguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *